31 Mar 2015

Cara-Cara Mencegah Banjir Masuk ke Rumah

CaraHow.com Cara-Cara Mencegah Banjir Masuk ke Rumah - Banjir seakan menjadi salah satu musuh besar yang menjadi penghmbat ketika Indonesia memasuki musim penghujan. Di Ibukota pun mengalami hal tersebut. Sampai pada suatu waktu tertentu di Istana negara pun juga ikut kebanjiran karena saking dahsyatnya bajir yang terjadi, hal ini tentu saja membuat kita malu karena tempat yang seharusnya aman justru juga  terkena banjir.


Hal ini kembali menjadi PR buat para pemimpin kita yang sekarang dan yang akan datang utuk membenahi sistem tata kelola kota demi terwujudnya tatanan kota yang baik dan nyaman bagi waraganya.


Banyak hal yang menjadi penyebab banjir diantaranya adalah sampah yang menyumbat saluran air sehingga air cepat sekali meluap. Sampah memang menjadi salah satu penyakit manusia yang sulit diobati karena tiap manusia terkadang ada yang sulit untuk dinasehati agar tidak lagi membuang sampah, dan ada juga yang membuang sampah secara sembunyi-sembunyi karena mungkin malas membuang sampah di tempat sampah yang seharusnya.


Nah untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah, simaklah cara-cara berikut ini.


Pertama: Biopori dan sumur resapan
Salah satu penyebab banjir adalah air permukaan yang tidak dapat meresap ke tanah. Untuk mempermudah peresapannya, Anda bisa membuat sumur resapan dan biopori di rumah Anda. Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah dengan tujuan mempercepat peresapan air.




[caption id="attachment_93" align="aligncenter" width="263"]Banjir Ilustrasi Banjir[/caption]

Kedua: Mengeruk tanah
Jika lahan rumah Anda lebih rendah dari permukaan jalan, Anda dapat menguruk tanah di sekeliling rumah Anda. Akan tetapi, Anda harus mempertimbangkan level lantai rumah Anda.


Ketiga : Meninggikan lantai rumah
Meninggikan lantai rumah adalah pilihan yang membutuhkan biaya dan usaha yang lebih besar. Anda harus mencermati hal-hal seperti tinggi plafon, utilitas di bawah lantai, level ruang luar dan rumah, dan peletakan jendela dan pintu.


Keempat : Bangun kerjasama antar RT RW
Bangun kerjasama untuk membersihkan lingkungan sekitar minimal seminggu atau sebulan sekali


Semoga Cara-Cara Mencegah Banjir Masuk ke Rumah ini bisa bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment