10 Feb 2013

Cara Mudah Untuk Berhemat


Cara Mudah Untuk Berhemat – Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin yah itulah pribahasa yang sering kita dengarkan, terkadang ketika kita mulai beranjak dewasa maka pengeluaran kita akan berbagi kebutuhan akan semakin meningkat, namun pengeluaran tak sebanding dengan pemasukan, akibatnya adalah tentu saja boros. Nah, ini-caranya.blogspot.com akan membahas tips dan trik seputar cara-cara berhemat. Berikut caranya:
Berhemat
CARA MUDAH UNTUK BERHEMAT
1. Gunakan Uang Cash Saat Berbelanja
Cara Berhemat. Tidak bijak menggunakan kartu kredit jika Anda hanya menggunakannya untuk berbelanja. Orang-orang yang menggunakan uang cash pada saat berbelanja akan lebih menghitung dan sayang pada uang tersebut pada saat membayar, karena mereka melihat sendiri uang tersebut berpindah tangan. Berbeda dengan kartu kredit atau ATM yang hanya tampak digesek padahal ada sejumlah angka besar yang hilang di sana.

2. Jangan Malu Untuk Negosiasi
Cara Berhemat Jangan malu untuk menawar beberapa barang yang tidak diberi label harga mati. Jika Anda ingin membeli beberapa peralatan elektronik, tunggulah dua hingga tiga bulan kemudian, maka harganya akan jauh lebih murah, dan bisa jadi keinginan Anda untuk membeli barang tersebut hilang sama sekali. Punya kupon belanja atau kartu diskon? Tidak perlu malu memanfaatkannya.

3. Beri Jeda Waktu
Cara Berhemat. Selalu beri jeda waktu bila ingin membeli barang, karena seringkali Anda hanya 'ingin', bukan 'butuh' saat melihat barang tersebut dipajang pada etalase toko. Buat daftar belanja barang apa yang memang Anda butuhkan. Tutup mata Anda saat 'ingin' membeli sepatu, tas, atau perhiasan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Segera tunda sehari, dua hari, hingga pada akhirnya keinginan memiliki barang tersebut tidak ada lagi.

4. Tabung Di Depan
Cara Berhemat . Baru mendapat gaji? Jangan langsung Anda ambil dan dijadikan modal untuk bersenang-senang dan ditabung bila ada sisa. Mulai saat ini, tabung terlebih dahulu gaji Anda. Misalnya gaji Anda Rp. 4.000.000, maka Anda akan berpikir "Ah, uang saya ada empat juta rupiah, nanti aku belikan ini, itu dan sebagainya," Bila Anda menabung 50% saja, maka Anda tidak akan melihat nilai yang utuh, "Wah, uang yang saya pegang hanya dua juta rupiah, harus pintar-pintar mengolahnya,"

5. Hati-Hati Belanja Online
Cara Berhemat. Banyak website yang menawarkan berbagai barang menarik, bahkan apa yang mereka tawarkan jauh lebih menggiurkan daripada apa yang dijual oleh toko. Lebih mudah bagi Anda untuk menekan tombol 'Pesan Sekarang' daripada pertimbangan saat Anda melihat produk tersebut di toko. Kembali pada tips pada poin ke 3. Pertimbangkan juga untuk mencari selisih harga pada satu toko online dan toko nyata. Perhitungkan juga tambahan ongkos kirim yang harus Anda tanggung hingga barang tersebut sampai ke tangan Anda.

Begitulah cara mudah untuk berhemat, silahkan dipraktekkan yah.

0 komentar

Post a Comment